Rabu, 20 Maret 2013

Manfaat sepeda


Bersepeda merupakan salah satu alternative dalam berolah raga, terutama diwaktu libur, beberapa ada yang memanfaatkan untuk perlombaan, ada juga yang untuk hobi. Mungkin saya lebih memilih untuk hobi (coz mau terjun ke dunia atletik sepeda tidak cukup dengan sedikit modal, hee). Orang pun mencintai sepeda dengan berbagai alasan:
    1.    untuk berolahraga
    2.    untuk transportasi
    3.    untuk hiburan
    4.    untuk berburu onderdil2nya (pecinta sepeda fixie contohnya)
                                                                                        5.    dan lain2.
      Zaman sekarang ini terutama di Indonesia kiprah sepeda sudah digilas oleh kendaraan2 bermesin. Padahal jika kita sadar, apabila kita memanfaatkan sepeda maka kita akan mengurangi polusi, menjadi lebih sehat, dan secara tidak langsung akan mendisiplinkan kita, karena misal kita hendak kekantor yg biasa menggunakan motor lalu ttiba2 berubah menggunakan sepeda yang memakan lebih banyak waktu, maka kita harus disiplin dalam mmengatur waktu.
      Pasti dalam benak pembaca terpikir, ngapain bersepeda, cape, bikin ngantuk, dll. Lalu bagaimana dengan warga jepang atau china yg lebih menghargai pejalan kaki atau pengendara sepeda? apakah mereka ngantuk? apakah kinerja mereka buruk dikantor? atau apakah mereka bukan manusia sehingga lebih hebat dari kita? Kuncinya adalah niat, seberapa besar kemauan kita untuk berubah, seberapa besar niat kita untuk menjadi lebih baik. Siapa tau dari bersepeda merukan awal anda untuk meningkatkan kehidupan anda kelevel yang lebih tinggi (bukan level karena harga ato bentuk sepedanya tapi level kedisiplinan dan tubuh yang lebih sehat). Jadi bagaimana ? ingin berubah?
      tapi perlu anda ingat! Anda tidak perlu langsung berubah total secara ekstrim langsung bersepeda setiap hari, bisa jadi bukanya sehat malah drop tubuh anda, bisa ribet kan? Atur porsinya ! atur dengan selera anda sendiri kapan anda akan bersepeda dan tdk bersepeda. Misal satu minggu sekali pada awal bulan pertama, lalu meningkat seminggu 3 kali pada bulan berikutnya, dalam melaksanakan porsi yang sudah anda buat, anda harus konsisten, jangan malas. Bagaimana kalo malas? ya tidak usah bersepeda. Malas tidaklah cocok bagi olahraga apapun.
      jadi yang pertama adalah diniatkan dulu, buat porsi, lalu jalankan dengan disiplin dan konsisten.

      “MENSANA ER CORPORESANO” (didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat).

0 komentar:

Poskan Komentar